Senin, 18 Mei 2009

APAKAH FEMINIS ITU?

Secara etimologis feminis sendiri berasal dari kata femme (woman), berarti perempuan (tunggal) yang berjuang untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan (jamak) sebagai kelas sosial. Tujuan feminis adalah keseimbangan dan interelasi gender.

Dalam pengertian yang lebih luas feminis adalah gerakan kaum wanita untuk menolak segala sesuatu yang dimarginalisasikan, disubordinasikan, dan direndahkan oleh kebudayaan dominant, baik dalam kehidupan politik dan ekonomi maupun kehidupan sosial pada umumnya.
Sedangkan dalam pengertian yang lebih sempit, yaitu dalam sastra, feminis dikaitkan dengan cara-cara memahami karya sastra baik dalam kaitannya dengan proses produksi maupun resepsi

Emansipasi wanita merupakan salah satu aspek dalam kaitannya dengan persamaan hak. Dalam ilmu sosial kontemporer lebih dikenal sebagai gerakan kesetaraan gender.
(Ratna,2006:184)

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr. wb.
    saya salah satu pengunjung yang 'nggak sengaja'. saya liat anda suka sekali dengan topik2 feminisme. sedangkan saya liat anda muslimah. keinginan anda untuk mengangkat isu-isu feminisme itu seharusnya lebih cocok dengan perspektif islam. karena seluruh teori-teori feminisme yang dikutip itu rata-rata milik orang atheis dan non-muslim. sehingga sangat kontradiktif dengan bagaimana islam memandang kemuliaan perempuan. kitab-kitab yang merujuk kesana juga saat ini sudah banyak.

    BalasHapus